[Review] Plugin WordPress ‘Ad Inserter’ Penampil Iklan + Tingkatkan Keuntungan

Ad Inserter merupakan plugin gratis WordPress yang fungsinya pasti sudah bisa ditebak dari namanya, ya plugin ini untuk menampilkan iklan di posisi yang diinginkan pada situs WordPress seperti di bagian bawah artikel, atas artikel, tengah-tengah artikel, setelah/sebelum paragraf, sidebar, dan posisi lainnya.

Pada postingan kali ini saya akan mengulas tentang plugin ini, buat temen-temen yang baru menggunakan plugin ini mungkin bisa baca semua artikel ini sampai selesai supaya tau cara pakainya dan penjelasan lain yang bersangkutan dengan plugin ini.

Ad Inserter – Blocks

Ketika menggunakan plugin ini, bisa masuk ke Pengaturan -> Ad Inserter. Di halaman ini pengguna akan melihat daftar tab dengan tulisan Block 1, Block 2, dst. ini merupakan kolom / blok untuk menerapkan potongan code iklan yang ingin ditampilkan. Misalnya mau menampilkan iklan Google AdSense maka terapkan kode / script Google AdSense didalam editor setiap Block.

Pada versi gratis, terdapat 16 block yang artinya pengguna dapat menampilkan iklan lebih dari 16 tempat (dan bisa lebih jika setiap block di atur dibanyak posisi). Keuntungannya, pengguna tidak perlu mengotak-atik code tema WordPress yang digunakan karena cukup menerapkan code iklan di block ini kemudian tempelkan shortcode block di lokasi dimana ingin menampilkan iklan.

Ad Inserter – Settings

Sebelum lanjut lebih jauh mari kita bahas bagian Pengaturannya terlebih dahulu, disamping Block 16 ada menu gerigi silahkan di klik untuk menampilkan pengaturan untuk plugin ini. Didalam pengaturan ini ada beberapa tab pengaturan, yaitu:

  • General
  • Viewports
  • Header
  • Footer
  • Debugging

General

Ini adalah tab pengaturan umum yang berisi:

  1. Sytax Highlighter Theme = merupakan menu tarik-turun pemilihan tema untuk mengganti tampilan dan gaya block editor (hanya tampil untuk admin di bagian block)
  2. Block Class Name = merupakan nama class untuk block Ad Inserter yang ditampilkan di halaman depan situs
  3. Minimum User Role for Execptions Editing = merupakan peran pengguna yang dapat mengedit plugin Ad Inserter, jika diterapkan Administrator maka hanya akun dengan peran administrator yang dapat mengatur plugin ini
  4. Dynamic Blocks = adalah block dinamis yang digunakan dalam pengaturan block iklan Ad Inserter, defaultnya adalah Client-Side
  5. Functions for Paragraph Counting = merupakan bagaimana plugin ini menghitung jumlah paragraf pada artikel (untuk penerapan iklan di dalam artikel atau yang berisi paragraf), gunakan Multibyte jika situs bukan berbahasa Inggris
  6. No Paragraf Counting Inside = merupakan pengaturan tidak membaca paragraf, isi pada kolom yang disediakan misalnya li maka jika didalam paragraf terdapat tag li (list) tidak dihitung dalam penghitungan paragraf
  7. Sticky Widget to Margin = merupakan margin/jarak widget melekat (nempel ketika di scroll)
  8. Plugin Priority = merupakan prioritas penggunaan plugin di situs ini, biarkan angka default 99999 supaya plugin ini berprioritas tinggi

Viewports

Tab ini adalah tab pengaturan tampilan default untuk plugin Ad Inserter, silahkan tentukan ukurang default peghitungan tampilan untuk plugin ini dalam pixel (px) misalnya Desktop min-width 980px artinya plugin ini akan menganggap layar itu adalah Desktop jika memiliki lebar lebih dari 980px.

Header

Adalah code block untuk bagian header, pengguna tidak perlu repot-repot lagi membuka file header.php di tema untuk menerapkan code iklan header tapi cukup terapkan dibagian ini maka code yang diterapkan disini akan tampil di header.php didalam bagian <head> situs.

Biasanya ketika menggunakan iklan pihak ketiga seperti Google AdSense pengguna perlu menerapkan script Google AdSense di bagian <head> sebelum dapat menampilkan iklan, nah itu bisa dilakukan di tab Header ini.

Footer

Sama seperti tab Header, jika ingin menerapkan code di tag <footer> situs cukup terapkan disini saja tidak perlu membuka file tema footer.php.

Debugging

Centang bagian ini jika ingin mendeteksi kerusakan dalam penggunaan plugin seperti code yang tidak berfungsi dan sebagainya, ketika Remote Debugging dinyalakan artinya pembuat plugin ini akan mendapatkan laporan dari penggunaan plugin ini di situs kalian.

Ad Inserter – Blocks in Action

Sekarang, mari bahas fitur apa saja yang ada didalam Block dan bagaimana penggunaannya untuk menampilkan iklan yang baik dan benar menggunakan Ad Inserter.

Pengguna dapat menerapkan code iklan di bagian code editor pada block yang ingin digunakan, lalu pilih pengaturan untuk blok tersebut dibagian bawahnya.

Automatic Insertion

Pada bagian ini ada beberapa pilihan dalam menu tarik-turun, silahkan pilih salah satu yang ingin digunakan untuk blok bersangkutan:

  • Disabled artinya blok ini tidak ditampilkan / ditiadakan / tidak digunakan
  • Before Post artinya sebelum postingan, pengguna dapat menggunakan ini jika ingin menampilkan iklan sebelum postingan (berada diatas postingan). Before Post juga akan berfungsi untuk menampilkan iklan sebelum halaman
  • Before Content artinya iklan akan ditampilkan sebelum konten (berada di sebelum/di atas konten post) tapi berbeda dengan Before Post, Before Content ini tidak dapat diterapkan diatas / sebelum konten halaman feed seperti blog feed atau feed halaman kategori
  • Before Paragraph artinya iklan akan ditampilkan di sebelum paragraph, kalian dapat mengaturnya di kolom Paragraph Number(s). Hitungan paragraph ini menggunakan persen (%), silahkan masukkan berapa persen kedalaman konten untuk menghitung sebuah paragraph misalnya memasukkan angka 0.2 artinya berada di 20% kedalaman konten dan akan diterapkan sebelum paragraph pada ujung kedalaman 20%
  • After Paragraph artinya iklan akan ditampilkan setelah paragraph, sama seperti Before Paragraph tapi iklan akan diterapkan setelah paragraph yang berada di kedalaman nilai yang dimasukkan di kolom Paragraph Number(s)
  • After Content artinya iklan akan ditampilkan setelah konten post, ini tidak dapat digunakan untuk halaman feed
  • After Post artinya iklan akan ditampilkan setelah postingan dan biasanya berada dibawah sebelum/sesudah bagian komentar (tergantung pada struktur kode tema yang digunakan), ini bisa juga digunakan di halaman feed seperti feed blog atau feed kategori blog
  • Before Excerpt artinya iklan akan ditampilkan sebelum kutipan suatu post, biasanya beberapa tema menampilkan excerpt pada halaman feed blog atau feed arsip. Iklan akan tampil diatas sebelum kutipan masing-masing post
  • After Excerpt artinya iklan akan ditampilkan setelah kutipan suatu post, biasanya beberapa tema menampilkan excerpt pada halaman feed blog atau feed arsip. Iklan akan tampil dibawah setelah kutipan masing-masing post
  • Between Posts artinya iklan akan ditampilkan diantara barisan post pada halaman feed baik itu feed blog atau feed post lainnya seperti halaman arsip atau kategori post
  • Before Comments artinya iklan akan ditampilkan sebelum bagian komentar di masing-masing halaman / post
  • Between Comments artinya iklan akan ditampilkan diantara komentar 1 dengan komentar lainnya
  • After Comments artinya iklan akan ditampilkan setelah bagian akhir komentar

Itulah bagian atau posisi penempatan iklan yang dapat dipilih di menu tarik-turun Automatic Insertion, setiap pilihan bisa saja memiliki pengaturan berbeda seperti memunculkan opsi baru dibagian bawahnya.

Alignment and Style

Merupakan menu tarik-turun untuk memilih penjajaran dan gaya dari blok bersangkutan, ini akan berdampak untuk iklan dan tampilan postingan. Pilih penjajaran dan gaya dari menu tarik-turun yang ada:

  • Default adalah posisi bawaan dari plugin yaitu tanpa perataan
  • Align Left adalah rata kiri artinya iklan akan ada di sebelah kiri
  • Center adalah rata tengan artinya iklan akan berada di tengah-tengah
  • Align Right adalah rata kanan artinya iklan akan di sebelah kanan
  • Float Left adalah hamparan kiri artinya iklan akan berada di sebelah kiri dari tulisan-tulisan
  • Float Right adalah hamparan kanan artinya iklan akan berada di sebelah kanan dari tulisan-tulisan
  • Custom CSS adalah CSS Kustom artinya pengguna dapat menentukan penjajaran dan gaya sesuai kebutuhannya, perlu memahami dasar CSS
  • No Wrapping sama seperti Center, ini tidak akan sejajar dengan elemen manapun

Untuk lebih lengkapnya tentang penjajaran dan gaya ini bisa klik tombol Show/Tampilkan disebelah menu tarik-turun untuk menampilkan simulasi tampilan penjajaran dan gaya iklan.

Beralih sedikit kebawah ada beberapa kotak yang bisa dicentang jika ingin mengaktifkannya:

Posts

Pada bagian posts ini ada beberapa pilihan di menu tarik-turunnya yaitu:

  • On All artinya pada semua post, jika ini dicentang dan dipilih on all posts maka iklan pada blok ini akan tampil disemua post
  • On All Except Selected artinya ada yang dikecualikan, jika kotak ini dicentang dan dipilih on all except selected posts artinya iklan akan tampil disemua post KECUALI yang di KECUALIKAN. Cara mengecualikannya ada di setiap masing-masing halaman pengeditan post tersebut, klik edit post yang tidak ingin menampilkan iklan pada blok ini kemudian centang nama blok ini (misalnya blok 1)
  • Only On Selected artinya hanya menampilkan iklan blok ini pada post yang dipilih saja, untuk memilih post mana yang ingin menampilkan iklan di blok ini caranya edit post yang bersangkutan kemudian dibagian bawahnya centang blok ini (misalnya blok 1)

Static Pages

Pada bagian ini ada beberapa pilihan di menu tarik-turunnya yaitu:

  • On All artinya iklan dalam blok ini akan tampil di semua halaman statis
  • On All Except Selected artinya iklan pada blok ini akan tampil di semua halaman statis KECUALI laman yang DIKECUALIKAN, untuk mengecualikan halaman silahkan edit halaman yang bersangkutan kemudian centang kotak blok ini (misalnya blok 1)
  • Only On Selected artinya hanya menampilkan iklan pada blok ini di halaman statis yang terpilih saja, untuk memilih halaman mana yang ingin menampilkan iklan silahkan edit halaman bersangkutan kemudian centang kotak blok ini (misalnya blok 1)

Homepage

Centang kotak ini jika ingin iklan pada blok ini tampil di halaman beranda

Search Pages

Centang kotak ini jika ingin iklan pada blok ini tampil di halaman hasil pencarian

Category Pages

Centang kotak ini jika ingin iklan pada blok ini tampil di halaman kategori

Tag / Archive Pages

Centang kotak ini jika ingin iklan pada blok ini tampil di halaman tag atau halaman arsip lainnya (feed)

Itulah pengaturan-pengaturan dasar yang terlihat jelas ketika menggunakan plugin Ad Inserter, namun ada beberapa pengaturan lainnya yang dipisahkan kedalam beberapa bagian. Lihat pada tombol-tombol di sebelah Save All Settings, disitu terdapat:

Misc

Didalam tab ini ada beberapa pilihan / pengaturan yang dapat digunakan sesuai kebutuhan:

Insert For

Pada Insert For ini ada menu tarik-turun yang dapat dipilih:

  • All Users artinya untuk semua pengguna, iklan pada blok ini akan tampil untuk semua pengguna tanpa terkecuali
  • Logged in Users artinya iklan pada blok ini hanya akan tampil pada pengguna yang login saja
  • Not Logged in Users artinya iklan pada blok ini hanya akan tampil pada pengguna / pengunjung yang tidak login
  • Administrators artinya iklan pada blok ini hanya akan tampil pada pengguna yang login saja dan berstatus Administrator

Max Insertion

Isi kolom ini dengan angka, masukkan 0 atau biarkan kosong untuk menerapkan iklan pada blok ini tanpa batas. Jika pengguna mengatur angka misalnya 5 maka iklan pada blok ini hanya akan tampil 5 saja di keseluruhan situs.

Ajax

Centang kotak ini jika ingin iklan pada blok ini tampil dengan Ajax Request / permintaan ajax, secara default iklan blok ini akan tampil menggunakan permintaan PHP.

Feeds

Centang kotak ini jika ingin menampilkan iklan pada blok ini pada seluruh feed yang ada di situs ini, jika sudah mengatur feed dibagian atas maka tidak perlu mengatur lagi disini karena bagian ini akan menampilkan di seluruh feed yang ada di situs ini.

404

Centang kotak ini jika ingin iklan pada blok ini tampil di halaman 404 Tidak Ditemukan.

General Tag

Masukkan tag untuk iklan ini, jika memiliki beberapa iklan dengan tag lain kemudian blok ini terjadi kesalahan tidak dapat menampilkan iklan maka akan menampilkan iklan yang memiliki tag yang ditulis di kolom ini.

Filter Insertions

Masukkan nilai disini (dapat dipisahkan dengan tanda koma jika ingin memasukkan lebih dari satu nilai), nilai ini adalah penghitung jumlah iklan yang ditampilkan secara keseluruhan. Jika kolom ini diberikan nilai maka angka tersebut akan menjadi jumlah penghitung iklan yang tampil, biarkan kosong jika ingin menampilkan lebih banyak iklan / tanpa batas.

Using

Terdapat menu tarik-turun yang dapat dipilih:

  • Auto artinya blok ini akan tampil pada secara otomatis dengan loading yang mungkin adalah loading terbaik
  • PHP Function Calls artinya blok iklan akan tampil dengan proses pemanggilan nama function
  • Content Processing artinya blok iklan akan tampil bersamaan dengan proses loading konten / postingan
  • Excerpt Processing artinya blok iklan akan tampil bersamaan dengan proses loading kutipan
  • Before Post Processing artinya blok iklan akan tampil sebelum situs memuat / loading kontent
  • After Post Processing artinya blok iklan akan tampil setelah proses loading postingan selesai
  • Widget Drawing artinya blok iklan akan tampil bersamaan dengan proses loading widget
  • Subpages artinya blok iklan akan tampil bersamaan dengan proses loading subpage
  • Posts artinya blok iklan akan tampil bersamaan dengan loading struktur tag HTML post
  • Paragraphs artinya blok iklan akan tampil bersamaan dengan loading setiap paragraph
  • Comments artinya blok iklan tampil bersamaan dengan proses pemuatan komentar

Using Counter ini hanya soal proses penampilan blok iklan saja, pastikan kalian paham apa yang dimaksud.

Invert Filer

Jika kotak ini dicentang, setiap pengaturan diatas akan diabaikan dan dilakukan secara kebalikannya

Insert Immediately / Delay Insertion

Pilih dari menu tarik-turun apakah blok iklan ini akan tampil langsung ketika di Save All Settings atau akan delay beberapa hari baru akan tampil.

Devices

Pada tab ini pengguna dapat mengatur sesuai perangkat pengunjung:

Use Client-Side Detection to Show Only On artinya mendeteksi sesuai perangkat yang digunakan pengunjung, jika kotak ini dicentang dan pilihan dibawahnya juga dicentang:

  • Desktop artinya blok iklan ini akan tampil di layar dekstop / laptop saja
  • Tablet artinya blok iklan ini akan tampil di layar tablet saja
  • Phone artinya blok iklan ini akan tampil di layar handphone saja

Untuk mengatur berapa lebar untuk desktop dan tablet bisa lihat kembali di bagian Ad Inserter – Settings.

Use Server-Side Detection to Insert Code Only For artinya menggunakan server / jaringan pengunjung untuk mendeteksi dan menampilkan iklan, jika kotak ini di centang dan memilih salah satu pilihan dibawahnya:

  • Desktop artinya blok iklan akan tampil di jaringan dekstop saja
  • Mobile artinya blok iklan akan tampil di jaringan ponsel saja
  • Tablet artinya blok iklan akan tampil di jaringan tablet saja
  • Phone artinya blok iklan akan tampil di jaringan seluler saja
  • Desktop and Tablet artinya blok iklan akan tampil di jaringan dekstop dan tablet
  • Desktop and Phone artinya blok iklan akan tampil di jaringan desktop dan seluler

Untuk beberapa negara mungkin akan ada perbedaan pembacaan jaringan pengunjung, mungkin ini tidak sepenuhnya 100% berhasil.

Lists

Pada tab ini pengguna dapat mengatur iklan sesuai daftar yang ada:

  • Categories, masukkan slug kategori yang ada di situs bersangkutan (pisahkan dengan tanda koma jika ingin memasukkan lebih dari 1 slug kategori). Pilih Black List maka blok iklan ini tidak akan tampil di halaman kategori yang disebutkan atau pilih White List untuk menampilkan blok iklan ini hanya di halaman kategori yang disebutkan
  • Tags, masukkan tag yang ada di situs bersangkutan (pisahkan dengan tanda koma jika ingin memasukkan lebih dari 1 tag). Pilih Black List maka blok iklan ini tidak akan tampil di halaman tag yang disebutkan atau pilih White List untuk menampilkan blok iklan ini hanya di halaman tag yang disebutkan
  • Taxonomy, masukkan taksonomi yang ada di situs bersangkutan (pisahkan dengan tanda koma jika ingin memasukkan lebih dari 1 taksonomi). Pilih Black List maka blok iklan ini tidak akan tampil di halaman taksonomi yang disebutkan atau pilih White List untuk menampilkan blok iklan ini hanya di halaman taksonomi yang disebutkan
  • Post IDs, masukkan id post atah halaman yang ada di situs bersangkutan (pisahkan dengan tanda koma jika ingin memasukkan lebih dari 1 pos atau halaman). Pilih Black List maka blok iklan ini tidak akan tampil di post / halaman yang disebutkan atau pilih White List untuk menampilkan blok iklan ini hanya di post / halaman yang disebutkan
  • URLs, masukkan URL yang ada di situs bersangkutan (pisahkan dengan tanda koma jika ingin memasukkan lebih dari 1 URL). Pilih Black List maka blok iklan ini tidak akan tampil di halaman yang URLnya disebutkan atau pilih White List untuk menampilkan blok iklan ini hanya di halaman yang URLnya disebutkan

Cara memasukkan / menggunakan URL:

  1. Jika ingin memasukkan kata yang mengandung di awal URL maka tulis /nama-url.*
  2. Jika ingin memasukkan kata yang mengandung di tengah-tengah URL maka tulis *nama-url*
  3. Jika ingin memasukkan kata yang mengandung di akhir URL maka tulis *nama-url
  • URL Parameters, masukkan URL parameter yang ada di situs bersangkutan (pisahkan dengan tanda koma jika ingin memasukkan lebih dari 1 URL parameter). Pilih Black List maka blok iklan ini tidak akan tampil di halaman yang URL parameternya disebutkan atau pilih White List untuk menampilkan blok iklan ini hanya di halaman yang URL parameternya disebutkan. Gunakan nama-parameter atau nama-parameter=value
  • Referers, masukkan nama domain yang (pisahkan dengan tanda koma jika ingin memasukkan lebih dari 1 domain). Pilih Black List maka blok iklan ini tidak akan tampil di halaman yang berasal dari domain yang disebutkan atau pilih White List untuk menampilkan blok iklan ini hanya di halaman yang berasal dari domain yang disebutkan. Misalnya facebook.com maka iklan akan tampil jika pengunjung datang ke situs ini dari facebook.com, gunakan tanga pagar (#) jika ingin bermaksud tanpa referer

Manual

Tab berikutnya adalah Manual, ini perlu paham cara penerapannya secara manual.

  • Widget, jika kotak ini dicentang maka blok iklan ini diizinkan untuk tampil di widget. Klik kotak disampingnya untuk mulai mengatur widget
  • Shortcode, jika kotak ini dicentang maka blok iklan ini dapat disisipkan dibagian manapun dengan memasukkan shortcode yang ada, biasanya ada 2 shortcode silahkan pilih salah satu saja
  • PHP Function, jika dicentang maka blok iklan ini akan tampil dengan memanggil fungsi PHP yang sudah disediakan

Untuk tab Manual ini pastikan kalian tau apa yang kalian lakukan.

Preview

Berikutnya ada tombol Preview, ini bukan tab pengaturan seperti yang lainnya melainkan halaman pratinjau dari pengaturan yang sudah diterapkan. Ketika di klik akan muncul tab window baru yang menunjukan pratinjau dari pengaturan iklan yang sudah diterapkan, jika tidak berfungsi silahkan klik Save terlebih dahulu kemudian Preview atau bisa juga langsung pratinjau di halaman depan saja.

Pengaturan Terbaik ?

Saya tidak memberitahukan bagaimana pengaturan yang baik dalam menggunakan plugin Ad Inserter ini karena setiap tema memiliki struktur yang berbeda, pastikan kalian sudah mencobanya satu persatu sampai menemukan yang terbaik atau bisa tinggalkan komentar idbawah mungkin bisa saya bantu.

Download / Ulasan

Plugin ini merupakan plugin gratis, udah gratis membantu pengguna mendapatkan uang pula 😀 Tertarik menggunakan Ad Inserter ? Download disini, sudah menggunakan Ad Inserter ? Jangan lupa bagikan pengalaman kalian di ulasan plugin ini ya…

Itu aja ulasan dan beberapa penjelasan yang bisa saya bagikan lewat postingan ini, mungkin masih ada beberapa hal yang terlewat apa lagi kalo plugin ini mengalami pembaruan dengan beberapa fitur baru. Gak perlu khawatir, cukup tinggalkan komentar dibawah nanti postingannya di update juga !

Oya, plugin ini cocok banget untuk menampilkan iklan Google AdSense + masuk ke daftar plugin WordPress penampil iklan terbaik versi riobermano.com. Lihat 3 plugin terbaik untuk menampilkan iklan Google AdSense.

2017-08-20T12:04:25+00:00