5 Plugin WordPress Gratis Maintenance Mode & Coming Soon Terbaik

209

Pada beberapa kasus mungkin pengguna WordPress ingin menampilkan situsnya sebagai Maintenance Mode atau dalam perawatan yang artinya situs sedang dirawat atau mungkin sedang dibangun dan ingin memberitahukan kepada pengunjungnya. Dengan menggunakan plugin dibawah ini maka halaman situs website secara keseluruhan akan menampilkan halaman maintenance mode, mungkin dengan tambahakan menampilkan waktu kapan maintenance ini akan selesai.

Berikut ini saya bagikan 5 plugin WordPress gratis terbaik untuk Maintenance Mode / Coming Soon / Under Contruction:

#1 Coming Soon Page & Maintenance Mode by SeedProd

5 plugin maintenance mode wordpress terbaik - rio bermano

Dengan menggunakan plugin ini, pengguna WordPress dapat menampilkan Maintenance Mode / Coming Soon kepada pengunjung namun admin tetap dapat melihat halaman aslinya. Seperti yang dilihat pada gambar, tidak hanya menampilkan informasi saja tapi bisa juga menampilkan waktu kapan maintenance ini berakhir, menampilkan email berlangganan dan media sosial.

Plugin ini disebut-sebut cocok dengan tema WordPress mana pun tanpa mengalami konflik yang serius, halaman yang dibuatnya juga responsive, kustomisasi penuh, mudah digunakan, mudah menambahkan kode HTML & CSS kustom, terjemahan tersedia, support untuk multisite, support buddypress plugin, dsb.

DOWNLOAD

#2 Maintenance

Plugin buatan Fruitfulcode ini tidak kalah menarik, fungsi utamanya tetap sama yaitu menampilkan halaman perawatan kepada pengunjung namun admin tetap dapat mengakses situs sebagaimana mestinya. Penggunaannya pun mudah, dapat menambahkan logo website di halaman maintenance, kustomisasi mudah, banyak pilihan warna, dapat menggunakan gambar background, menambahkan teks, dsb.

Plugin ini dapat menentukan apakah maintenance mode hanya untuk pengunjung saja ? Atau untuk akun terdaftar lain selain administrator ? Karena plugin ini dapat menghilangkan bar WordPress di halaman depan ketika pengguna login. Admin juga dapat menentukan apakah halaman maintenance ini diatru menjadi 503 atau tidak.

DOWNLOAD

#3 Maintenance Mode

Tidak berbeda jauh dengan plugin maintenance lainnya, tentu ingin memberikan keleluasaan kepada admin untuk mengatur halaman maintenance sesuai selera dengan penuh kustomisasi tapi tentu setiap plugin / setiap pembuat plugin memiliki cara kerjanya masing-masing. Seperti contohnya plugin ini, plugin ini juga mudah digunakan namun untuk menampilkan waktu / timer countdown perlu upgrade ke versi PRO.

Tapi secara keseluruhan plugin ini baik dan ramah digunakan di situs WordPress manapun dengan susunan kode yang rapih dan penggunaannyapun terbilang mudah, tapi gak usah khawatir karena fitur gratisnya pun sudah terbilang banyak seperti menampilkan ikon media sosial, SEO dan lainnya.

DOWNLOAD

#4 Minimal Coming Soon & Maintenance Mode

Dari namanya saja sudah bisa ditebak, plugin ini lebih menampilkan minimalis atau simpel dibanding plugin-plugin lainnya. Tapi minimal bukan berarti minim fitur, fitur yang dimiliki plugin ini juga cukup memuaskan untuk menyempurnakan penampilan halaman perawatan situs WordPress malah penggunaannya lebih cepat dari plugin-plugin sebelumnya.

Fleksibel & sederhana, itulah istilah yang tepat untuk plugin ini. Pengguna dapat memodifikasi hampir semua aspek yang ada pada halaman perawatan dengan mudah menggunakan tools yang disediakan, bahkan dapat menampilkan kolom berlangganan dengan email yang terhubung dengan email marketing MailChimp.

DOWNLOAD

#5 WP Maintenance Mode

Plugin ini pernah saya jelaskan sebelumnya di postingan 7 plugin rekomendasi untuk situs multi author, sama seperti plugin-plugin diatas fungsinya untuk menampilkan halaman perawatan alias maintenance mode page dengan mudah dan elegan. Plugin ini dapat disesuaikan sesuai selera pengguna, dan seperti biasa menampilkan waktu hitung mundur sebagai pemberitahuan kapan halaman ini atau situs ini akan aktif kembali. Selengkapnya tentang WP Maintenance Mode ini bisa lihat di postingan sebelumnya.

DOWNLOAD

Itulah 5 plugin terbaik maintenance mode WordPress versi riobermano.com, semoga bisa menjadi referensi yang bagus untuk para pembaca dan pengguna WordPress.

Dengan menggunakan plugin-plugin diatas artinya situs WordPress bersangkutan akan menampilkan halaman perawatan kepada pengujung tapi tidak untuk admin, hal ini biasanya dilakukan ketika admin sedang merenovasi situs atau sedang mengalami masalah dengan situs. Pengjung tidak akan tau apa yang sedang admin lakukan ketika ditampilkan halaman maintenance mode.

Semua halaman termasuk postingan akan menampilkan maintenance mode page, tapi pemilik situs tidak akan kehilangan SEO. Kalo ada plugin lain yang mau kalian share disini, silahkan tinggalkan di komentar ya…

Lihat Post Lainnya:
Komentar