WordPress.Com atau WordPress.Org ?

4

Di postingan beberapa bulan ke belakang saya sempat merekomendasikan membuat website menggunakan WordPress karena akan sangat terbantu dalam membangung sebuah website dan tidak memakan waktu lama, khususnya untuk blogger yang tidak memahami cara membuat website.

Mungkin buat beberapa orang yang baru mendengar WordPress langsung bingung ketika dihadapkan dengan 2 pilihan antara WordPress.Com dan WordPress.Org, kali ini saya akan coba menjelaskan perbedaan diantara keduanya.

Perlu diketahui bahwa WordPress.Com dan WordPress.Org adalah dua platform yang berbeda, banyak yang kebingungan mana yang harus dipilih. Sebetulnya, soal memilih platform mana yang ingin digunakan itu tergantung kebutuhan dan budget masing-masing pengguna. Untuk membantu itu, saya akan jelaskan semuanya termasuk membandingkan kedua platform tersebut disini.

Perbedaan WordPress.Com & WordPress.Org

Singkatnya, WordPress.Org adalah platform yang di pasang di hosting sendiri sedangkan WordPress.Com tidak. Mari kita bahas lebih lanjut satu persatu.

WordPress.Com

Sebenarnya WordPress.Com ini merupakan layanan hosting yang didirikan oleh penemu WordPress “Matt Mullenweg” dan diberi nama WordPress dengan ekstensi Com. Selain itu, Matt Mullenweg juga mengembangkan layanan hostingnya dengan menyisipkan platform blogging gratis dan dapat digunakan oleh siapapun tanpa harus menyewa hosting (beberapa plan juga ada yang berbayar).

Dengan membuat akun di WordPress.Com pengguna dapat bebas membuat blog dengan platform gratis yang tentu sangat terbatas (saat ini maksimal 3GB penyimpanan dan batasan-batasan lainnya). Jika ingin bebas dari batasan maka perlu memilih plan yang berbayar.

Batasan lainnya yang sangat terlihat adalah ekstensi di belakang URL blog, setiap blog akan disimpan sebagai subdomain dari WordPress.Com. Contohnya: namablog.wordpress.com. Jika ingin mengubah domain WordPress.Com yang ada dibelakang URL blog, perlu memilih plan berbayar.

Keuntungannya jika menggunakan WordPress.Com, pengguna tidak perlu repot-repot mengurus backup / update / mengelola berkas situs web karena WordPress.Com akan mengatur semuanya. Jadi, pengguna memiliki banyak waktu yang cukup untuk menulis di blog nya.

Bagaimana Pendapat Saya ?

Ini bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu yang tidak memahami developing website, cukup menulis dan menulis saja.

WordPress.Org

Merupakan platform situs web yang sangat populer, ini merupakan open source dan gratis digunakan dimanapun kamu mau. Namun, untuk memasang platform ini kamu perlu sebuah hosting dan nama domain agar platform WordPress ini bisa di install di hosting tersebut dengan nama domain yang sudah ditentukan.

Dengan menggunakan platform ini, kamu akan mendapatkan kontrol penuh dan bebas melakukan apapun terhadap situs web (tentu harus memahami bagaimana caranya, lihat tutorial tentang WordPress di blog ini untuk mempelajari menggunakan WordPress.Org).

Bagaimana Pendapat Saya ?

Ini adalah salah satu platform situs web yang sangat sangat mudah digunakan di hosting sendiri dan banyak sekali referensi untuk membantu kamu menyesuaikan WordPress mulai dari panduan WordPress.Org sampai tutorial yang dapat kamu temukan di internet.

Berbeda dengan WordPress.Com, disini hampir tidak terbatas karena banyak sekali pilihan tema dan plugin gratis yang dapat membantu kamu dalam membangun sebuah situs web.

Selain menyiapkan budget jika ingin membeli tema / plugin berbayar, kamu juga harus mengeluarkan uang untuk membeli hosting dan nama domain. Tidak hanya itu, kamu harus tau juga cara install dan penyelesaian masalahnya jika suatu saat terjadi masalah antara hosting, domain, dan situs WordPress.

Tidak ada salahnya memilih WordPress.Org terutama jika sudah paham sedikit banyaknya tentang developing website. Saya tidak paham, apakah saya boleh minta bantuan ? Tentu, kamu bisa lihat semua tutorial tentang WordPress di blog ini kapanpun kamu perlu bantuan.

WordPress.Com atau WordPress.Org ?

Setelah menyimak penjelasan diatas, sepertinya kamu tau harus pilih yang mana. Semua ada perhitungannya, utamakan kebutuhan dan jangan lupakan budget. Simak penjelasan diatas, semoga kamu bisa temukan jawabannya. Jika ada yang ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk tinggalkan komentar dibawah.

Good Luck !

Lihat Post Lainnya:
Komentar