Apa Itu CDN ?

164

Ketika masuk kedalam dunia per-situs-an maka sering mendengar istilah CDN, tidak hanya dalam dunia website tapi bisa juga didalam hal lainnya yang menampilkan konten. Berawal dari pertanyaan yang sering muncul Apa itu CDN ? maka artikel ini dibuat.

Apa Itu CDN ?

Kata CDN sendiri merupakan singkatan dari Content Delivery Network yang artinya Jaringan Pengiriman Konten (JPN), misalnya memiliki situs web dan pada halaman / pos situs tersebut ingin menampilkan konten dari jaringan pengirim maka bisa menggunakan CDN.

Contoh: Misalnya memiliki situs web dengan domain riobermano.com dan CDN dengan subdomain cdn.riobermano.com, pada artikel di situs web riobermano.com ingin menampilkan konten (misalnya gambar) tapi gambar tersebut diambil dari cdn.riobermano.com. Dengan catatan subdomain cdn.riobermano.com terletak di hosting / server berbeda.

Tidak harus menggunakan subdomain, ini hanya contoh saja. Bisa juga menggunakan domain berbeda atau menggunakan layanan penyedia CDN. Mau tau penyedia layanan CDN terbaik ? Lihat disini !

Apa Manfaat CDN ?

Dengan menggunakan CDN akan membuat website semakin cepat terutama dalam proses loading karena konten yang dimasukkan kedalam pos diambil dari server berbeda. Hal ini biasa dilakukan oleh situs yang memiliki pengunjung banyak setiap harinya, jika situs yang dimiliki bersifat global maka perlu mempertimbangkan untuk memiliki banyak CDN di lokasi tertentu.

Contohnya kalian memiliki situs bersifat global yang dapat diakses dan memiliki pengunjung dari beberapa negara, maka perlu mempertimbangkan untuk memeiliki server di lokasi negara-negara tersebut yang nantinya dijadikan sebagai CDN karena semakin dekat server yang dijadikan CDN dengan pengunjung akan semakin cepat juga proses pengirimannya.

Lihat Post Lainnya:
Komentar