Custom Post Type WordPress Berbeda Dengan Tema Sekarang ? Gimana Cara Import-nya ?

Mungkin kalo cuma import dan export WordPress sudah pada tau, karena itu hal yang biasa dan gak susah-susah amat dilakuin walaupun belum ahli menggunakan WordPress. Tapi kali inii saya akan menjelaskan yang sedikit berbeda, semoga bermanfaat.

Sebelumnya saya pernah jelaskan tentang cara impor & ekspor (post, komentar, laman, dll) WordPress, kali ini sedikit berbeda karena saya akan menjelaskan tentang import hasil export dari WordPress tapi dengan catatan jenis post / post type nya itu harus diganti terlebih dahulu sebelum di impor, hal ini biasa terjadi kalo kalian mau impor post yang berjenis custom / custom post type.

Misalnya dalam perubahan tema, di tema WordPress sebelumnya memiliki post type dengan nama jobs kemudian di tema yang baru memiliki post type dengan nama job. Berbeda sedikit sih tapi tetap saja beda sistemn dan namanya, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk import ke tema baru dan sekaligus mengganti post type / jenis post nya (contoh : dari jobs menjadi job).

  • Silahkan export post jobs terlebih dahulu dari tema yang lama, file hasil export berjenis .xml
  • buka file .xml tersebut di text editor / code editor misalnya Sublime Text atau bisa juga menggunakan bawaan Windows seperti Notepad
  • Sekarang, carilah [CDATA[jobs]]karena post type ini adalah “jobs“. Pastikan kalian mencari nama post type sesuai aslinya.
  • Ganti semua [CDATA[jobs]] itu dengan nama post type yang sekarang sedang aktif di tema WordPress kalian misalnya menjadi “job” atau lainnya. Gak tau nama post type-nya ?

Cara melihat nama post type gampang bgt, cukup klik post tyang bersangkutan kemudian lihat di tab URL browser nya akan ada parameter ?post_type=namapostype (lihat gambar) itulah nama post type yang kalian gunakan.

Saya contohkan disini nama post type-nya adalah “job” maka semua CDATA tadi saya ganti “jobs” menjadi “job“, setelah berhasil diganti semua jangan lupa di Save. Sekarang, silahkan import ke WordPress yang ingin dimasukkan data ekspor tersebut. Cara import-nya seperti biasa saja tidak ada perbedaan, kalo gak tau cara import silahkan klik disini.

Itulah kira-kira cara mengganti custom post type WordPress yang ingin dipindahkan ke tema berbeda karena setiap tema tidak akan memiliki struktur yang sama persis jadi perlu kita ubah sendiri secara manual, selanjutnya setelah di import post tersebut akan compatible dengan tema yang saat ini digunakan.

Catatan: Jika terjadi sedikit perbedaan kenyamanan antara tema yang lama dan tema yang baru pada custom post type tersebut itu hal yang wajar karena sekali lagi struktur tema WordPress masing-masing memiliki perbedaan tapi setidaknya setelah melakukan hal diatas kalian dapat import custom post type.

Ini salah satu cara meng-impor custom post type (tanpa plugin), bisa juga menggunakan plugin tapi saya tidak menyarankan tapi akan saya jelaskan di lain waktu kalo sempat.

2017-09-12T09:44:09+00:00