Cara Cepat Berbagi Postingan WordPress.Com ke Media Sosial

1

Jika kamu membangun situs menggunakan WordPress.Com, kamu dapat menggunakan fitur gratis media sosial yang telah disediakan. Fitur sosial ini berfungsi untuk menampilkan tombol share dan dapat digunakan sebagai auto share yang mana setiap artikel yang baru saja dipublikasikan akan secara otomatis dibagikan juga ke media sosial yang dihubungkan.

Fitur sosial ini dapat kamu temukan di dashboard WordPress.Com > Berbagi (Jika menggunakan bahasa Indonesia), didalamnya terdapat 2 tab menu yaitu Koneksi dan Tombol Berbagi.

Koneksi – Auto Share Post WordPress.Com

Bagian ini berfungsi untuk membagikan setiap postingan yang baru saja dipublikasikan ke media sosial yang telah dihubungkan. Pilih media sosial yang ingin digunakan lalu klik tombol Hubungkan, misalnya Facebook.

Ketika klik tombol Hubungkan maka akan muncul layar popup untuk mengizinkan WordPress.Com terhubung dengan akun Facebook (pastikan kamu sudah login menggunakan akun Facebook yang ingin digunakan, jika belum maka akan diminta login terlebih dahulu). Klik Izinkan / Lanjutkan Sebagai, tentukan kepada siapa kamu ingin berbagi (misalnya Publik) lalu tekan OK dan OK.

OK yang kedua adalah izin untuk mengakses halaman yang kamu kelola menggunakan akun Facebok tersebut, kamu dapat mempublikasikan sebagai profil atau sebagai halaman Facebook (page).

Setelah OK dan OK, kamu akan melihat layar popup didalam dashboard WordPress.Com dan pilihlah profil / halaman mana yang ingin dihubungkan dengan situs ini.

Selesai, sekarang situs telah terhubung dengan Facebook. Lakukan hal serupa untuk media sosial lain yang telah disediakan.

Saat ini, setiap kali kamu mempublikasikan artikel di situs web maka akan secara otomatis dibagikan juga ke media sosial yang telah dihubungkan.

Belum tau cara menambah post ? Lihat: cara menambah postingan di WordPress.Com

Bagaimana jika ingin memutuskan hubungan media sosial dengan WordPress.Com ?

Pada halaman yang sama, setiap media sosial yang telah terhubung maka tombolnya akan berubah menjadi Putuskan (jika menggunakan bahasa Indonesia). Klik tombol Putuskan maka media sosial tersebut berhasil diputuskan dari situs web dan tidak akan melakukan auto share lagi.

Apakah saya perlu menggunakan fitur auto share ?

Ya, ini akan memudahkan kamu berbagi ke media sosial secara otomatis. Hal ini juga dapat menguntungkan pengunjung situs web, kemungkinan besar dapat meningkatkan jumlah pembaca pada postingan terbaru di situs web. Pada beberapa media sosial juga memiliki tampilan sedikit lebih menarik ketimbang berbagi melalui tombol share.

Menampilkan Tombol Share WordPress.Com

Ini berfungsi untuk menampilkan tombol share media sosial di setiap post / halaman / beranda / gambar yang ada di situs web, ini juga dapat membantu para pembaca dengan mudah membagikan konten kamu ke teman-teman media sosialnya.

Masih di halaman Berbagi (jika menggunakan bahasa Indonesia), klik tab Tombol Berbagi. Ada beberapa pengaturan yang dapat disesuaikan:

  • Teks Label
    Bawaannya adalah Share this :, kamu dapat mengubahnya menjadi Berbagi / Share atau apapun. Ini akan tampil di atas tombol-tombol share, klik Sunting teks label (jika menggunakan bahasa Indonesia) untuk menyesuaikan.
  • Tombol Share
    Ini adalah daftar media sosial yang ingin ditampilkan sebagai tombol share, klik Sunting tombol berbagi jika ingin menambah / mengurangi tombol media sosial yang ditampilkan.
  • Gaya Tombol
    Sesuaikan gaya tombol yang diinginkan pada bagian ini.
  • Reblog & Suka
    Tentukan apakah kamu ingin menampilkan tombol Reblog dan tombol Suka (fitur WordPress.Com).
  • Opsi
    Pada bagian opsi ini ada beberapa opsi yang dapat disesuaikan seperti dimana saja ingin menampilkan otmbol berbagi, apakah ingin menampilkan tombol suka di kolom komentar, username Twitter (jika seseorang share ke Twitter akan sekaligus mention username ini).

Jangan lupa tekan tombol Simpan Perubahan pada setiap bagian untuk menyimpan perubahan yang dilakukan. Setelah berhasil di simpan, tombol berbagi akan tampil di situs web sesuai dengan pengaturan yang ditentukan.

Tombol share masih tidak muncul ? Pastikan untuk menggunakan tema WordPress.Com yang mendukung penampilan tombol share.

Selamat mencoba !

Lihat Post Lainnya:
Komentar