5 Hal Penting Sebelum & Sesudah Ganti Tema WordPress

Bagi kebanyakan orang khususnya yang baru mulai menggunakan WordPress pasti mengganti tema itu menjadi hal mudah dan seperti tidak ada masalah, padahal sebetulnya masalah besar bisa saja muncul hanya karena mengganti tema walaupun beberapa detik saja.

Ko bisa ? Ya, karena logikanya setiap tema memiliki kualitas kode yang berbeda dan memiliki struktur serta sistem kerja yang berbeda-beda. Kerusakan juga bisa jadi karena ketidakcocokkan antara tema yang digunakan dan plugin yang sedang aktif.

Setelah membaca postingan ini saya harap tidak ada lagi kerusakan yang muncul hanya karena mengganti tema atau bahkan cuma iseng-iseng mengganti tema, berikut ini saya bagikan hal-hal yang perlu diperhatikan / dilakukan sebelum mengganti tema WordPress:

#1 Back Up !

Back Up pake tanda seru, artinya wajib kudu harus 😀 Serius, ini hal sepele yang emang selalul di sepele-in atau dilupa-in padahal fungsinya sangat amat bermanfaat. Contohnya, ketika mengganti tema kemudian terjadi kerusakan kemudian ketika kembali lagi menggunakan tema sebelumnya itu rasanya tidak lagi sama 😀

Nah, ini dia fungsinya back-up. Kali kedua tetap rasanya sama, tinggal kembali-in aja tuh file backup maka semua masalah selesai dan situ kembali seperti semula tanpa ada kerusakan fatal. Gak tau cara backup ? Lihat disini bagaimana cara backup situs WordPress via cPanel (Softaculous).

#2 Catatan

Ini wajib dilakukan untuk kalian yang melakukan perubahan pada tema misalnya mengganti satu atau beberapa file tema tersebut seperti footer.php / header.php / single.php dan yang lainnya. Jika melakukan perubahan, harap untuk menulis perubahan mana saja yang dilakukan.

Catatan ini akan sangat membantu kalian nanti ketika sudah mengganti tema, ketika ingin menerapkan perubahan yang sama pada tema baru nanti tinggal ikuti saja catatan yang ada. Catatan ini juga bisa membantu kalian mengingatkan file mana saja yang diubah ketika kembali ke tema yang lama.

#3 Maintenance Mode

Ini tidak wajib untuk para pemilik server / hosting yang luar biasa cepat, tapi untuk shared hosting dan jenis hosting lemah lainnya disarankan untuk menggunakan plugin Maintenance Mode. Maintenance Mode ini akan menampilkan tampilan sedang dalam perawatan / under contruction.

Dengan begitu, pengunjung akan tau bahwa situs sedang dibangun atau dirawat dan kemungkinan pengunjung akan kembali lagi setelah perawatan selesai. Ini juga dapat membantu kalian menghindari error ketika update / ganti tema.

Ketika mengganti tema bisa saja terjadi kerusakan ditengah jalan, ketika kerusakan itu terjadi maka situs akan menampilkan Maintenance Mode versi WordPress atau mungkin bisa saja malah menjadi error ditampilan depan. Tapi ketika menggunakan Maintenance Mode plugin tampilan akan sedikit lebih menarik.

Gak tau Maintenance Mode yang bagus ? Lihat disini 5 Plugin WordPress Maintenance Mode Gratis Terbaik.

#4 Ulasan

Ini tidak kalah penting, kalian perlu mengulas / meninjau sekaligus mempelajari apakah tema yang akan digunakan itu bagus dan apakah cocok dengan sistem situs ? Kita gak pernah tau kalo gak mencari tau, makanya sekarang mulailah cari tau lebih dalam soal tema yang akan digunakan.

Misalnya kalian berencana mengganti dengan tema A maka cari tau tentang tema A tersebut, kunjungi websitenya atau kunjungi di direktori WordPress kemudian lihat review dari para pengguna lain karena itu akan sangat membantu kalian. Bahkan bila perlu baca beberapa komentar tentang tema tersebut sampai menemukan kekurangan dan kelebihan dari tema.

Gak tau cara ganti tema ? Lihat disini.

Itulah 4 hal yang perlu diperhatikan sebelum mengganti / memperbarui tema WordPress, jika sudah yakin dengan pilihan tema penggantinya silahkan ganti dengan hati-hati dan ikuti tips dibawah ini untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan setelah mengganti / memperbarui tema.

#5 Testing

Pastikan untuk memeriksa apakah tema itu berfungsi dan tidak meninggalkan bekas-bekas dari tema yang lama, hal ini biasa terjadi makanya langsung cepet periksa ke halaman depan situs apakah semuanya berfungsi dengan baik atau tidak. Jika ada yang perlu (biasanya selalu ada) langsung rapihkan dan perbaiki sebelum banyak pengunjung yang lihat.

Selain tampilan, fungsi juga harus diperhatikan dengan teliti karena tidak menutup kemungkinan bahwa mengganti tema akan menghilangkan beberapa fungsi yang disebabkan oleh struktur dan kualitas kode yang berbeda antar tema. Silahkan coba satu persatu fungsi yang ada untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik.

2017-09-13T11:50:15+00:00
  • Kemal

    Mantap gan !
    Biasa gw paling mles review