Zoom In & Zoom Out Di Adobe Premiere

Kadang zoom in atau zoom out yang dibuat itu tidak sesuai karena penempatan keyframe nya yang salah atau mungkin mereka lupa , padahal kalo penempatannya pas akan terlihat bagus. Makanya disini saya bagikan tutorial lengkap, scroll aja terus dan simak keseluruhan post ini biar kita sama-sama paham cara menggunakannya.

Pada Adobe Premiere Pro kita harus memahami dulu yang namanya Keyframe, karena aplikasi Adobe ini video  editor yang berbasis timeline atau baris waktu. Maka 1 detik pun sangat berharga dan bisa kita otak atik atau membuat perubahan.

  • Klik video 1x yang sudah ditarik ke squence Adobe Premiere, maka akan muncul menu “Video Effects” di atas kiri (default) dibagian tab “Effect Controls“.

Jika video kalian mengandung audio maka akan muncul juga menu “Audio Effects” dibawah “Video Effects” seperti pada gambar ini karena video yang saya masukkan ini mengandung audio juga.

Setelah itu, sekarang klik ikon panah yang ada disamping kiri “Motion” untuk expand / melebarkan menu didalamnya. Menu-menu lainnya didalam “Motion” ini lumayan banyak, tapi untuk tutorial ini kita hanya memerlukan 2 yang teratas saja yaitu: “Position” dan “Scale“. Karena logikanya ketika kita zoom pasti merubah posisi dan merubah skala, betul ? Jadi, saat ini kita abaikan saja menu lainnya yang dibawah.

Kemudian pada player kuning bergaris merah di sebelah kanan, tarik player tersebut ke paling awal video dimulai sampai mentok. Lalu, sekarang klik “Toggle Animation” yang bulat sebelum tulisan “Position” dan “Scale” seperti yang ditandai dengan tanda panah pada gambar ini.

Ketika di klik yang bulat seperti pada gambar maka akan muncul keyframe di barisan sebelah kanan sejajar dengan “Position” dan “Scale” karena kita mengklik “Toggle Animation” nya si “Position” dan “Scale” dan sebelumnya si player garis merah itu sudah di set ke paling awal dimulainya video maka keyframe yang muncul ini akan berada di paling awal video mulai juga (karena setiap kita klik toggle animation maka keyframe akan muncul sejajar dengan posisi si garis merah).

Lalu, sekarang tarik garis merah yang di kanan (atau yang dibawah juga sama saja) ke menit dimana kalian akan mulai zoom in, misalnya menit ke 3, 4, 7 atau berapa saja sesuai kebutuhan. Misalnya saya akan zoom di posisi menit seperti pada gambar ini (lihat gambar). Setelah geser posisi si garis merah pada posisi dimana kalian akan memulai zoom, silahkan lakukan perubahan pada “Scale” & “Position” untuk merubah layar menjadi zoom in.

Caranya klik kiri pada nilai yang ada di “Scale” (sebelumnya 100) dan “Position” (960.0 & 540.0 untuk video 1080p) tahan dan tarik ke kanan untuk menambahkan atau tarik ke kiri untuk mengurangi kemudian lepas klik kiri yang ditahan tadi jika nilai sudah sesuai. Untuk mengatur nilai ini, kalian juga bisa cukup dengan klik kiri 1x pada nilai yang akan dirubah, kemudian tulis secara manual menggunakan keyboard berapa nilai yang diinginkan kemudian klik mouse pada layar dimana saja untuk apply nilai tersebut.

Catatan: Ketika terjadi perubahan pada nilai-nilai tersebut maka secara otomatis akan muncul keyframe sejajar dengan garis merah seperti yang ditandai tanda panah pada gambar diatas.

Pada gambar tadi saya merubah nilai “Scale” dan “Position” maka muncul 2 keyframe sejajar dengan garis merah dan sejajar dengan nilai yang dirubah disebelah kiri. Kalo kalian hanya merubah nilai “Position” saja atau “Scale” saja maka keyframe yang muncul hanya satu sesuai nilai apa yang kalian rubah. Secara default, kalo kalian hanya menambah nilai “Scale” saja maka layar hanya akan merubah skala alias zoom bagian tengah, maka kalo lokasi zoom kalian di samping atau diatas yang penting bukan di bagian tengah video kalian harus merubah “Position” nya juga seperti yang saya lakukan pada gambar tadi.

Jika sudah yakin dengan posisi zoom in nya, silahkan mainkan videonya. Pasti video kalian mulai zoom dari pertama video mulai, betul ? Mari kita selesaikan masalah ini. Sekarang tarik si garis merah ke posisi sebelum zoom in dimulai, jaraknya kalian yang atur sesuai kebutuhan. Misalnya saya akan geser si garis merah sedikit saja ke posisi sebelum keyframe zoom in seperti gambar ini:

geser posisi merah ke sebelum posisi keyframe zoom in tadi

Setelah di geser si garis merahnya, mari kita duplikat (copy paste) keyframe pertama (scale 100) yang di awal video tadi. Caranya klik kedua keyframe pertama tadi dengan bantuan CTRL atau CMD (untuk mac), maka akan berwarna kuning kedua keyframe tersebut. Setelah menjadi kuning alias setelah dipilih kedua keyframe tersebut, tekan ALT + klik kiri tahan dan tarik sampai sejajar dengan posisi si garis merah.

Cara ini juga bisa kalian lakukan dengan klik kanan pada keyframe yang kuning tadi kemudian pilih “Copy” kemudian klik kanan lagi pilih “Paste” maka otomatis si keyframe baru akan sejajar dengan garis merah itu. Kalo sudah seperti ini, sekarang silahkan mainkan videonya. Gimana ? Beda kan ? Sekarang gak zoom dari awal video mulai tapi sebelum sampe ke titik zoom in dia baru mulai zoom. Keren kan !?

Begitu juga untuk zoom out atau kembali seperti semula, geser si garis merah ke posisi zoom in kalian berakhir. Misalnya saya cuma zoom in beberapa menit saja, maka saya geser si garis merah ke tempat zoom in berakhir. Setelah itu, silahkan duplikat keyframe zoom in kalian (seperti cara sebelumnya yang sudah dijelaskan) dan tempatkan di garis merah (posisi zoom in berakhir).

Untuk zoom out, kita geser lagi si garis merah sedikit saja sesuai keinginan kalian ke posisi setelah keyframe zoom in berakhir. Setelah di geser garis merahnya, kita set ulang nilai “Position” dan “Scale” seperti sebelum zoom in tadi ya… Kalian juga bisa pakai cara cepat yaitu duplikat (copy paste) nilai yang awal sebelum zoom in tadi ke garis merah sekarang atau tarik menggunakan alt seperti penjelasan barusan dan lepaskan tarikan sejajar dengan garis merah.

Sekarang silahkan di mainkan videonya !

Kalo masih bingung, silahkan tonton video tutorialnya disini. Pada video ini juga ada penjelasan tambahan seperti menggabungkan 2 video dalam posisi animasi (zoom in atau zoom out pada video yang terpotong) dan penjelasan lainnya.

2017-06-18T17:38:11+00:00