4 Cara Redirect Domain Lama ke Domain Baru (LENGKAP) via .htaccess

220

Membuat redirect / pengarahan merupakan langkah yang tepat dan penting untuk mempertahankan eksistensi situs web, misalnya dulu kamu punya situs dengan domain contoh.com lalu berubah menjadi contoh1.com. Di domain sebelumnya, kamu sudah punya banyak pengunjung dan banyak postingan, ketika mengganti domain maka akan memerlukan waktu untuk semuanya normal kembali dan terindex mesin pencari seperti Google. Kamu bisa gunakan redirect di file .htaccess supaya semua pengunjung yang berkunjung ke domain lama kamu akan diarahkan domain baru, tentu kamu tidak akan kehilangan traffic.

Dalam proses pengarahan ini ada 4 macam yaitu:

  • Mengarahkan pengguna ke domain baru kamu (semua halaman yang ada di domain lama akan diarahkan ke 1 halaman saja)
  • Mengarahkan semua halaman di domain lama ke 1 halaman domain baru saja
  • Mengarahkan semua halaman domain lama ke halaman domain baru sesuai dengan halaman yang dikunjunginya (contoh: pengunjung berkunjung ke halaman domain.com/halaman1 dan ingin diarahkan ke domain baru domain1.com/halaman1), halamannya tetap sama dan mereka akan diarahkan ke halaman yang sama di domain baru ketika berkunjung ke semua halaman yang ada di domain lama. Biasanya hal ini dilakukan jika kamu benar-benar hanya merubah nama domain saja tidak merubah halaman postingan dan halaman lainnya, maka kamu tidak akan kehilangan traffic.
  • Hanya redirect halaman beranda saja

Mengarahkan Semua Halaman Domain Lama ke Domain Baru

Caranya gampang, kamu perlu siapkan file dengan nama .htaccess di direktori web (ini berada di halaman utama direktori sejajar dengan file index situs), misalnya kamu menggunakan hosting + cPanel maka ketika membuka halaman public_html itu adalah halaman utama situs web kamu (kecuali jika kamu menggunakan addon domain, masuk terlebih dahulu ke folder utama addon domain-nya).

  • Pada halaman utama, buatlah file baru dengan nama .htaccess, tidak tau cara buat file di cPanel ? LIhat disini. Jangan lupa, Permission untuk file ini adalah 0644. Jika menggunakan WordPress, kamu tidak perlu membuat file baru lagi karena file .htaccess sudah tersedia, tinggal di edit saja.
  • Didalam file .htaccess, tuliskan/salin kode berikut:
RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTP_HOST} contoh.com$
RewriteRule ^(.*) https://contoh1.com/ [R=301,L]

Silahkan ganti contoh.com dan contoh1.com dengan domain asli yang kalian miliki. Sekarang, semua halaman yang ada di domain lama (contoh.com, termasuk halaman 404) akan diarahkan ke halaman beranda domain baru (contoh1.com).

Mengarahkan Semua Halaman Domain Lama ke 1 Halaman Domain Baru

Cara ini biasanya dilakukan jika ingin menampilkan pesan kepada pengunjung bahwa kamu telah mengganti domain lama menjadi domain baru, untuk menampilkan pesan ini tentu harus di arahkan ke suatu halaman yang menampilkan tulisan/pesan di domain baru karena yang diatas sebelumnya hanya mengarahkan ke halaman beranda (home) saja.

Cukup tambahkan kode ini:

RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTP_HOST} contoh.com$
RewriteRule ^(.*) https://contoh1.com/halamanpesan [R=301,L]

Perbedaannya dengan yang diatas sebelumnya, kali ini kamu tambahkan /halamanpesan sebagai URL halaman yang kamu buat di domain baru. Pastikan URL halamannya benar dan tersedia.

Mengarahkan Semua Halaman Domain Lama ke Domain Baru Sesuai Halaman

Nah, cara yang ini biasanya ketika kamu benar-benar hanya merubah nama domain saja. URL postingan, halaman dan lainnya masih sama. Misalnya kamu memindahkan semua postingan yang ada di domain lama ke domain baru dan URLnya tetap sama (contoh: di domain lama terdapat URL contoh.com/halaman1 dan ingin diarahkan ke domain baru dengan URL yang sama menjadi contoh1.com/halaman1).

Gunakan kode berikut:

RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTP_HOST} contoh.com$
RewriteRule ^(.*) https://contoh.com/$1 [R=301,L]

Sekarang, ketika pengunjung berkunjung ke domain lama contoh.com/halaman1 akan selalu diarahkan ke domain baru contoh1.com/halaman1 dan begitu juga untuk semua halaman yang ada.

Mengarahkan Doman Lama ke Domain Baru (Hanya Beranda)

Misalnya kamu hanya ingin mengarahkan halaman beranda (home) saja, contoh.com ke contoh1.com. caranya lebih gampang. Hapus tanda dollar ($) pada contoh.com, jadi seperti ini:

RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTP_HOST} contoh.com
RewriteRule ^(.*) http://contoh1.com/ [R=301,L]

Artinya halaman beranda domain lama (contoh.com) akan diarahkan ke halaman beranda domain baru (contoh1.com), ini hanya berdampak untuk halaman beranda saja, halaman lain di domain lama tetap dapat diakses.

Catatan: Jika di file .htaccess-mu sudah ada RewriteEngine On, jangan gunakan lagi !

Begitulah beberapa macam redirection / pengarahan domain menggunakan file .htaccess, jika kamu pengguna WordPress pasti biasa menggunakan plugin, tapi itu tidak disarankan. Dengan mengikuti tutorial ini, kamu tidak akan kehilangan SEO dan traffic untuk situs baru kamu karena pengunjung yang berkunjung ke semua halaman di domain lama akan diarahkan ke domain baru, artinya domain baru kamu akan tetap mendapatkan banyak pengunjung dengan cepat. Hati-hati dalam melakukan tutorial ini, jangan sampai ada yang salah karena bisa berakibat fatal untuk situs kamu.

Kalo masih bingung, lihat video tutorialnya disini.

Oh ya, R=301 itu artinya redirect secara permanen. Ketika kamu mengatur demikian, tidak ada batasan waktu, pengarahan / redirection akan terus berlaku kecuali kamu menghapusnya.

Selamat mencoba !

Lihat Post Lainnya:
Komentar