Kunci / Sidik Jari Untuk Aplikasi OPPO F1 Plus

Pada Smartphone OPPO F1 Plus, para penggunanya dimanjakan dengan fitur sidik jari untuk mengunci hp nya dan tidak hanya layar utama tapi juga bisa digunakan untuk mengunci aplikasi2 yg terinstal di OPPO tersebut.

Disini, perlu diketahui terlebih dahulu kalo mengunci aplikasi pada OPPO F1 Plus bisa digunakan dengan 2 metode yaitu metode penguncian menggunakan sandi (pola, sederhana, rumit) atau bisa juga menggunakan keseluruhan (sandi + sidik jari). Pada cara membuat kunci aplikasi pun kita bisa langsung menggunakan sidik jari atau mau membuatnya tanpa sidik jari.

Kalo mau membuatnya menggunakan sidik jari, langsung saja ke step 2 tapi bisa juga lakukan step 1 terlebih dahulu kemudian step 2 (lebih baiknya ikuti aja semua step).

Step pertama, membuat kunci / sandi aplikasi tanpa sidik jari. Buka Setelan / Pengaturan. Maka tampilan layar akan diarahkan ke tampilan pengaturan seperti biasanya. Lalu pilih menu Sidik Jari dan Kata Sandi. Kalo kalian belum membuat kunci sidik jari / sandi lain pada layar utama maka perlu membuat dulu atau abaikan. Kalo kalian sudah membuatnya, maka diminta masukkan kata sandi utama tersebut untuk melihat isi dari menu ini.

Setelah memasukkan sandi maka kalian akan diarahkan ke isi dari menu yg tadi kita pilih tadi “Sidik jadi dan kata sandi“. Sekarang scroll kebawah dan cari “Enkripsi Apli“. Jika tulisan pada panah itu “Mati” artinya belum ada aplikasi yang di enkripsi / di kunci. Klik pada menu tersebut maka akan muncul semua aplikasi yg terinstall di OPPO kalian dan centang panah di kanannya untuk mengunci atau hapus centang untuk tidak menguncinya.

Setelah itu, silahkan klik tombol dibawah “Aktifkan Enkripsi 21“, angka 21 disitu artinya total aplikasi yg akan di kunci (dicentang) ada 21.

Nah, jika kalian menggunakan cara ini (tanpa sidik jari) maka akan disuruh membuat pertanyaan dan jawaban keamanan untuk mengatasi jika suatu saat kalian lupa kata sandi nya. Pilih pertanyaan keamanan yg mudah buat kalian dan buatlah jawabannya. Ini akan digunakan jika suatu saat kalian lupa kata sandi aplikasi ini. Jika kalian menggunakan kunci aplikasi sidik jari, maka pertanyaan & jawaban keamanan ini tidak diperlukan.

Setelah dibuat, klik kembali dan cobalah aplikasi yg dikunci dan tidak dikunci, apakah sudah berfungsi ? Ketika kalian buka aplikasi yg sudah di enkripsi maka akan diminta kata sandi nya (sandi yg tadi kita buat) baru aplikasi itu akan terbuka. Berhasil kan? Kalo gagal, silahkan tinggalkan komentar sebelum lanjut step berikutnya!

Buat kalian yg mau kunci / enkrip aplikasi menggunakan sidik jari silahkan lanjutkan ke langkah berikut ini, tapi kalo kalian rasa cukup menggunakan sandi saja seperti diatas maka stop sampai disini.

Masuk lagi ke “Pengaturan” -> “Sidik jari dan kata sandi” seperti langkah awal kemudian lihat bagian “Enkripsi Apli“. Nyalakan bagian Enkripsi Apli (berubah warna hijau jika nyala) maka kalian akan diminta masukkan kata sandi aplikasi yg tadi kita buat. Masukkan lah kata sandi tersebut.

Dan setelah berhasil maka akan nyala jadi warna hijau artinya aplikasi yg terkunci sekarang bisa dibuka menggunakan sidik jari dan kata sandi yg tadi kita buat (bisa pilih salah satu ketika mau membuka aplikasi tersebut). Silahkan di coba! Kalo gagal ata ada yg mau ditanyakan silahkan tinggalkan komentar disini.

Masih bingung ? Silahkan tonton video tutorialnya disini.

Menambah Aplikasi Untuk di Enkripsi

Ketika fitur ini diaktifkan artinya aplikasi yang terpasang saat itu akan di enkripsi tapi tidak untuk aplikasi baru yang dipasang setelah enkripsi, cara menambahkan aplikasi baru tersebut supaya di enkripsi bisa masuk ke menu Setelan -> Sidik Jari dan Kata Sandi -> scroll kebawah pilih Enkripsi Apli.

Pada halaman ini akan menampilkan semua aplikasi yang terpasang di HP, silahkan cari aplikasi yang baru dipasang tersebut kemudian alihkan tombol switch nya ke kanan atau menjadi nyala artinya aplikasi tersebut ikut di enkripsi.

Nonaktifkan

Untuk menonaktifkan penguncian aplikasi ini bisa masuk ke halaman yang sama seperti ketika membuatnya, Setelan -> Sidik Jari dan Kata Sandi -> alihkan tombol switch Enkripsi Apli dari kanan ke kiri atau dari menyala ke mati.

Kemudian scroll kebawah klik Enkripsi Apli, di halaman ini akan menampilkan semua aplikasi yang ada di HP. Silahkan matikan semua tombol switch nya dari kanan ke kiri atau dari menyala ke mati. Aplikasi-aplikasi tersebut tidak akan terkunci lagi.

Sekarang, ketika membuka aplikasi yang ada di HP tidak perlu menggunakan katasandi atau sidik jari lagi akan langsung terbuka.

Mengganti Sandi

Untuk mengganti sandi enkripsi aplikasi bisa lihat disini.

2017-07-26T10:12:56+00:00
  • Veny

    Gan, saya uda coba kunci 5 macam aplikasi. Tp saya mau ubah pengaturan supaya tidak perlu dikunci.. Bagaimana caranya ya?

    • Sudah di update postingan nya, cek cara nonaktifkannya dibagian bawah post.

      Thanks,

      • Siti Miland

        Gan, saya pake oppo A57, mau nonaktifin enkripsi aplikasinya kok nggak bisa ya? pas pilihan enkripsi aplikasinya dimatiin nggak muncul list aplikasinya dan saya coba cek langsung aplikasinya masih kekunci. mohon bantuannya dong. Makasih sebelumnya.

  • la la

    hp aku oppo a57 aku set pola tp aku lupa polanya, udah aku coba berkali2 gk keluar fitur forgot password. Jadi aku sekarang kalo buka biaanya pakek sidik jari, kalo kayak gitu ngatasinnya gimana ya? Mohon solusinya

  • Audreynaila

    Gimana caranya bukasandinya klo lupa Sandi Dan pertanyaan Keamanan?

    • Fungsi pertanyaan kemanan itu sebagai jalan kedua jika lupa katasandi, kalo udah lupa dua-duanya mau gimana 😀 Ko bisa ya… Paling cara lainnya di restore ke setelan pabrik.

    • Reset aja

  • Gimana ya, saya buka denga pola saya untuk membuka pada aplikasi kasi tidak bsa pdahl pola nya benar?? Tp dengam sidik kari bisa?? Itu bagaimana

    • Kunci utama dan kunci aplikasi bisa berbeda, tapi sidik jari bisa digunakan sama-sama antara layar utama dan aplikasi.
      Menurut saya sih itu kunci nya beda, coba di inget-inget lagi

    • Pola nya salah

  • Iqbal

    Maknyoooos..
    nice info !!

  • Deni

    Loker file itu mksutnya apa ya gan,aq gambar pola ttep gagal gak bisa..

    • Locker File maksudnya pengunci untuk berkas

  • Nadia

    malam gan, saya nge aktifin ekrip aplikasi. cuma lama ga saya pake lagi, dan saya lupa passwordnya. udh coba berkali-kali. trus ada tulisan forgot password, tp forgot passwordnya bukan kirim email atau semacamnya. kaya dikasih pertanyaan, dan saya isi muncul pop up ‘input error’. ada solusinya ga ya?

  • Arjuna Irenk

    Gan…aq pake oppo f1s ..nah disitu aq menggunakan fitur pusat keamanan ..smua file aku simpan disitu dg menggunakan kata sandi pola…nah permasalahnya aku lupa polanya….sudah terlalu lama gak buka file2 di pusat keamanan…gimana gan cara ngebuka nya… biasanya kalo salah masukin pola sampai beberapa kali pasti disuruh masukin email or yg lain..tetapi pd oppo f1s saya ..knp gak bisa ya…jd sampai sekarang file2 saya g bisa kebuka..

    • Rio Bermano

      Maaf gan, tadi sudah saya utak atik & cari tahu masih belum ketemu.
      Mungkin nanti kalo sudah ada saya publikasikan.
      Sekarang, saran saya coba cari tau dulu file yang ada di dlm pusat keamanan itu lokasi nya di eksternal atau internal

    • Sekarang, saran saya coba cari tau dulu file yang ada di dlm pusat keamanan itu lokasi nya di eksternal atau internal

  • Achmad

    Thanks gan ! Bermanfaat banget

    • Rio Bermano

      Sama2 gan

  • Wardahe

    Kalau mau ganti password dari pola ke kata sandi gimana kak?

  • Brenk

    apakah bisa di setting untuk membuka layar kunci dan aplikasi yang dienskripsi hanya bisa dengan menggunakan sidik jari (tidak bisa menggunakan pola sandi) ?
    kalau bisa bagaimana caranya
    terimakasih

    • Sampai versi saat ini sih belum bisa gan,
      Tetep ada pola sandi untuk pilihan kunci kedua setelah sidikjari.

    • Gak bisa