NetBeans IDE Database Connection

7

Ada beberapa cara menghubungkan database / server ke aplikasi Java pada NetBeans IDE, tapi penjelasan dibawah ini adalah cara paling mudah yang pernah saya coba yaitu dengan cara pengaitan alias binding. Buka project NetBeans yang ingin dihubungkan ke database kemudian klik tab Services (jika tidak menemukan tab Services, klik Window pilih Services atau tekan CTRL+5).

gamabr 1 cara menghubungkan netbeans ke database - rio bermano

Pada bagian Databases klik kanan, pilih New Connection maka akan muncul layar popup untuk menghubungkan ke database. Sebelum dapat menghubungkan ke database, pastikan kamu sudah memiliki database nya terlebih dahulu. Lihat: Cara membuat database di phpMyAdmin. Jika sudah punya databse di phpMyAdmin mari kita lanjutkan tutorial ini.

Pada bagian pilihan tarik-turun Driver silahkan pilih MySQL (Connector/J driver) maka dibagian Driver File(s) akan tampil source dimana MySQL Connector berada (misalnya: C:\Program Files (x86)\NetBeans 8.2\ide\modules\ext\mysql-connector-java-5.1.23-bin.jar).

Catatan: Jika pada Driver File(s) tidak ditemukan apa-apa, silahkan kembali ke folder project, klik kanan pada Libraries, pilih Add Library. Pilih Java DB Driver dan MySQL JDBC driver lalu klik tombol Add Library.

Kembali lagi ke Databases > New Connection, pilih MySQL (Connector/J driver) lalu klik Next maka akan diarahkan ke halaman konfigurasi database. Masukkan nama Host, Port, Database, Username, Password, dan yang lainnya dengan benar sesuai database yang dihubungkan. Defaultnya, datbase yang dibuat phpMyAdmin tidak menggunakan katasandi, jadi kosongkan saja bagian password.

gamabr 2 cara menghubungkan netbeans ke database - rio bermano

Sebelum melanjutkan, klik tombol Test Connection untuk menguji koneksi ke database. Jika berhasil, akan muncul Connection Succeed dibagian bawah. Klik tombol Next Next hingga Finish atau langsung saja klik tombol Finish.

Sekarang, project tersebut sudah berhasil terhubung dengan database yang dipilih tadi. Jika masih ada kendala dalam koneksi database seperti gagal koneksi, pastikan bahwa database bersangkutan benar-benar terhubung.

gamabr 3 cara menghubungkan netbeans ke database - rio bermano

Jika hancur seperti itu biasanya tidak tehubung, silahkan klik kanan dan pilih Connect untuk menghubungkannya kembali. Setelah benar-benar terhubung, kamu dapat memanggil data dari database bersangkutan dan ditampilkan di project NetBeans misalnya di dalam table atau keperluan lainnya.

Catatan: Jangan lupa untuk selalu memeriksa bagian ini setiap kali baru membuka aplikasi NetBeans, karena biasanya tidak perlu di klik Connect terlebih dahulu. Dan pastikan Apache running di PC/laptop yang digunakan misalnya menggunakan XAMPP.

Selamat mencoba !

Lihat Post Lainnya:
Komentar