include di PHP Gampang Banget !

314

Include artinya termasuk dalam bahasa inggris, ini berfungsi untuk menyisipkan sebuah file diantara code. Jadi include ini bisa mempersingkat (tidak terlalu panjang) code pada halaman utama tapi disematkan dalam file include, hal ini sering digunakan oleh para programmer web PHP karena dianggap cukup menguntungkan dan lebih terlihat dinamis.

Pertama, siapkan file yang sudah berisi code (misalnya file index / home). Disini, saya hanya contohkan beberapa potongan saja. Sekarang buat file code PHP baru lagi yang akan kita jadikan “include“.

Saya contohkan sekedar kata-kata biasa saja dan nama file nya “contoh-inlude.php“, nama file ini nantinya akan dipanggil di file tempat dimana akan menampilkannya. Sekarang buat code PHP di tempat dimana kalian ingin munculkan si file include tersebut. Misalnya disini: (lihat gambar).

Misalnya saya ingin munculkan disini (seperti pada gambar diatas), maka tuliskan <?php?> beserta isinya (include & nama file nya seperti contoh diatas) Maka isi dari nama file yang dituliskan disini akan muncul di posisi ini juga ketika dibuka di browser. Tuliskan persis seperti ini (kecuali nama file nya sesuaikan dengan nama file yang kalian punya). Sekarang buka hasilnya di browser, berhasil !

Tulisan yang ditulis pada file include tadi akan muncul disitu, karena memang di file utama nya kita tulis PHP include di posisi itu. Jika merubah lokasi penulisan include di file utama maka dia akan pindah juga. Silahkan dicoba !

Mudah kan ? Kalo masih bingung, silahkan lihat video tutorialnya disini.

Oh ya, kalian juga bisa terapkan langkah-langkah ini untuk membuat web HTML CSS seperti yang pernah saya buatkan tutorial nya (Cara Membuat Website HTML CSS Dari Nol Sampai Selesai) menjadi website PHP kemudian agar lebih dinamis bisa gunakan include ini didalamnya.

Lihat Post Lainnya:
Komentar