Menerjemahkan Tema WordPress Dengan & Tanpa Plugin

165

Memang lebih nyaman ketika Tema WordPress yang kita gunakan itu menggunakan bahasa yang kita gunakan juga misalnya untuk pengguna dari Indonesia ingin menampilkan bahasa Indonesia untuk tema yang digunakannya baik itu dibagian depan situs ataupun di dashboard situs.

Apakah bisa diganti menjadi bahasa Indonesia ? Tentu saja bisa, WordPress dan Tema-nya akan secara otomatis mendeteksi dari negara mana kamu berasal dan akan menawarkan bahasa Negara kamu kalo tersedia, kita ambil contoh aja Bahasa Indonesia.

Seperti yang kita tau, WordPress sudah 100% tersedia dalam bahasa Indonesia ini semua berkat para penerjemah yang sukarela menerjemahkan WordPress. Bagaimana dengan Tema WordPress ? Ini tergantung, jika memang tema yang kamu gunakan tersedia dalam bahasa Indonesia ya tinggal ganti aja menggunakan bahasa Indonesia settingan WordPress-nya maka akan otomatis Team yang digunakan menggunakan Bahasa Indonesia juga.

Tidak tau cara mengganti bahasa WordPress ? Masuk ke menu Pengaturan -> Umum -> Bahasa Situs / Language (letaknya saat ini berada diatas Zone / Zona Waktu) silahkan pilih Bahasa Indonesia dan klik tombol Simpan.

Jika Tema tidak berubah ke bahasa Indonesia itu bisa jadi karena tema yang digunakan tidak tersedia dalam bahasa Indonesia. Mari cari tau cara menerjemahkannya ke bahasa Indonesia, karena kalo menunggu tema itu tersedia dalam bahasa Indonesia bisa nunggu lama tergantung author dari tema tersebut. Kenapa gak terjemahin aja sendiri ? Gak rugi juga kan…

Menerjemahkan Tema WordPress Tanpa Plugin

Pertama, saya akan jelaskan bagaimana menerjemahkan tema WordPress tanpa plugin. Jika tanpa plugin, banyak cara yang bisa kamu lakukan dari mulai yang disarankan sampai yang tidak disarankan.

Langsung (String) – Tidak Disarankan

Kamu bisa langsung terjemahkan bahasa Inggris ke bahasa Indonesia di teks / string-nya, ada 2 cara yang bisa kamu lakukan yaitu langsung dari dashboard WordPress atau lewat cPanel untuk mengakses file.

Jika langsung dari dashboard WordPress silahkan masuk ke menu Tampilan / Appearance -> Editor, disini akan muncul file-file dari tema yang ada di situs WordPress kamu. Jangan lupa untuk memilih tema mana yang ingin kamu terjemahkan (tema yang saat ini sedang digunakan / aktif) dibagian menu tarik-turun disebelah kanan atas.

Lihat disebelah kanan layar itu adalah file yang ada didalam tema itu, itu masih sedikit karena di dashboard tidak akan ditampilkan semua. Silahkan pilih file yang mana yang ingin diterjemahkan, misalnya ingin menerjemahkan halaman tunggal sebuah post di halaman depan maka tinggal pilih Post Tunggal single.php.

Ketika dipilih, kamu bisa edit tulisan-tulisan bahasa Inggris dengan bahasa Indonesia, harap hati-hati dalam mengedit ini karena jika ada bahasa pemrograman yang kehapus satu huruf pun akan berakibat fatal makanya cara ini tidak disarankan.

Jika lewat cPanel kamu bisa masuk ke folder kojyo -> themes -> pilih tema yang ingin kamu terjemahkan (sedang aktif), disitu kamu bisa pilih file mana yang ingin diedit bahasanya ke bahasa Indonesia. Harap hati-hati dalam mengedit ini karena jika ada codingain yang kehapus akan berakibat fatal nantinya makanya cara ini tidak disarankan.

Catatan: Ketika menggunakan cara ini, terjemahan akan hilang jika ada update tema.

Tejemahkan pot – Disarankan

Kamu bisa masuk ke direktori tema di situs WordPress (klik disini), cari tema yang sesdang kamu gunakan saat ini klik tema tersebut untuk melihat rinciannya scroll sedikit kebawah kemudian klik Translate. (lihat gambar) Kamu bakal diarahkan ke halaman bahasa untuk tema tersebut, silahkan cari dan klik Indonesian.

Disini akan muncul beberapa project yang bisa diterjemahkan untuk tema tersebut (jika tema itu ada beberapa project yang dibagi untuk diterjemahkan), klik set / sub project yang ingin diterjemahkan.

Nah, dihalaman inilah kamu bisa mulai menerjemahkan tema kamu dari bahasa bawaannya ke bahasa Indonesia. Silahkan terjemahkan semuanya yang kamu bisa.

Catatan: Jika kamu tidak terdaftar sebagai penerjemah WordPress maka hasil terjemahan kamu akan disimpan sebagai pending dan perlu di tinjau terlebih dahulu oleh para penerjemah (termasuk aku lhooo haha…) Kalo terjemahan kamu benar dan disetujui maka akan langsung diterapkan di pembaruan tema berikutnya.

Oya, kalo kamu ngerasa terjemahan bahasa Indonesia udah lengkap untuk tema tersebut tapi tidak tampil di situs WordPress kamu, kamu bisa export terjemahan di halaman tadi scroll kebawah pilih link export dan pilih jenis file-nya .po/.pot/+ .mo. Jadi ada 2 yang di ekspor.

Silahkan upoad file .po dan .mo tersebut ke cPanel kamu di folder dimana tema kamu menyimpan terjemahan, biasanya ada di kojyo -> themes -> nama tema kamu -> lang. Paste disitu dan secara otomatis akan menerjemahkan situs kamu ke bahasa Indonesia (pastikan file yang di export itu terjemahannya sudah berwarna hijau alias approve sebelum di export dan pastikan nama file-nya sesuai dengan negara kamu misalnya _ID)

Gimana ? Bingung gak ? 😀 Kalo kebingungan, mending pake plugin aja deh ! Nih lihat caranya dibawah.

Menerjemahkan Tema WordPress Menggunakan Plugin (Gratis)

Menerjemahkan tema WordPress menggunakan plugin tentu jauh lebih mudah cukup tau cara pakainya aja, atau gak tau cara pakainya pun tetap mudah ko karena fitur-nya gampang digunakan. Tapi, setiap plugin tentu beda-beda caranya.

Maka dari itu, saya disini cuma kasih tau aja ya plugin-plugin yang enak dipake untuk terjemahin WordPress. Selanjutnya kamu yang pelajari cara pakainya, klik disini untuk melihat daftar plugin yang disarankan buat kamu untuk menerjemahkan WordPress.

Kalo masih bingung nanti saya buatin deh postingannya cara pakai masing-masing plugin terjemahan WordPress, sekarang tinggalkan komentar dulu aja ya siapa tau saya bisa bantu.

Selamat mencoba !

Lihat Post Lainnya:
Komentar