Verifikasi Situs Agar Tampil di Hasil Pencarian Google

9

Mendaftarkan situs web / aplikasi di Google Search Console bertujuan agar situs web terdaftar dan membantu agar mudah ditemukan di hasil pencarian Google, pelajari lebih lanjut tentang Google Search Console. Sebelum dapat memverifikasi / mendaftarkan situs di Google, pastikan untuk membaca cara membuat akun Google Search Console terlebih dahulu.

Setelah berhasil membuat akun / akses ke Google Search Console, maka akan diarahkan ke halaman utama dasbor Google Search Console. Pada halaman utama, klik Tambahkan Properti (jika menggunakan bahasa Indonesia) berwarna merah maka akan muncul layar popup. Pilih apakah ingin menambahkan situs web atau aplikasi Android lalu isi URL pada kolom disampingnya.

gambar 1 cara daftar verifikasi situs aplikasi google search console - rio bermano

Suapay sesuai judul, disini saya contohkan dengan menambah situs web. Klik tombol Tambah untuk menambahkannya dan akan diarahkan ke halaman metode verifikasi situs web tersebut.

 

gambar 2 cara daftar verifikasi situs aplikasi google search console - rio bermano

Selanjutnya adalah memverifikasi kepemilikan situs yang dimasukkan, saat ini tersedia 2 metode verifikasi situs:

Metode yang Disarankan

Metode yang disarankan adalah metode yang secara default ditampilkan untuk verifikasi seperti yang ditunjukkan pada gambar, metode ini adalah dengan mengunggah file html yang disediakan Google Search Console ke folder situs web.

  • Download file html yang disediakan
  • Upload file html tersebut ke jajaran utama situs web (https://www.riobermano.com)
  • Setelah berhasil di upload, kunjungi link yang disediakan pada langkah ke 3 https://www.riobermano.com/kodeverifikasi

Setelah selesai, kembali lagi ke halaman ini dan klik tombol Verifikasi (jangan lupa untuk mengisi captcha). Jika semua langkah dilakukan dengan benar, maka situs tersebut sudah berhasil didaftarkan di Google dan terverifikasi. Selamat !

Metode Alternatif

Jika tidak ingin menggunakan cara diatas, gunakanlah metode alternatif. Metode alternatif ini memiliki beberapa opsi yaitu:

  • Tag HTML

Jika menggunakan cara ini, kamu perlu memasukkan verifikasi berupa meta yang telah disediakan. Contoh:

<meta name="google-site-verification" content="a4OJLtKDvulCFD-JalPmsE6g-3CzSb3Nz8hT_xxx" />

Letakkan meta tersebut didalam tag <head> pada situs bersangkutan, kemudian klik tombol Verifikasi untuk memverifikasi. Jika benar, maka situs web berhasil terdaftar di hasil pencarian Google dan terverifikasi.

  • Penyedia Nama Domain

Jika menggunakan cara ini, kamu perlu mengetahui penyedia domain (dimana domain tersebut didaftarkan) atau yang biasa dikenal sebagai registrar. Jika tidak mengetahui siapa registrarnya, hubungi customer service. Pilih salah satu penyedia domain dari menu tarik-turun kemudian klik tombol Verifikasi dibawah.

  • Google Analytics

Untuk menggunakan cara ini tentu harus mempunyai kode pelacakan Google Analytics yang sudah terpasang di situs bersangkutan, lihat cara mendapatkan kode pelacakan Google Analytics.

Pastikan kode pelacakan yang digunakan berjenis asinkron dan kode pelacakan terletak di dalam tag <head> situs bersangkutan, kemudian klik tombol Verifikasi. Jika semua benar, maka situs akan terdaftar di hasil pencarian Google dan terverifikasi.

  • Google Tag Manager

Jika menggunakan cara ini, pastikan akun Google yang sama memiliki akses Google Tag Manager (GTM)dan wadah cuplikan tersedia untuk situs web bersangkutan kemudian klik tombol Verifikasi. Jika benar, situs web akan terdaftar di hasil pencarian Google dan terverifikasi.

Histori

Adapun tab berikutnya yaitu Histori yang menampilkan sejarah atau catatan dari verifikasi situs bersangkutan, kamu dapat memantaunya disini.

Catatan: Agar tetap terverifikasi, pastikan kamu tidak menghapus data yang digunakan untuk memverifikasi situs (semua metode).

Apakah saya harus menggunakan semua metode diatas untuk memverifikasi ? Tidak, pilih salah satu saja yang lebih mudah dilakukan.

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai Google Search Console, kunjungi kategori Google Search Console.

Selamat mencoba !

Lihat Post Lainnya:
Komentar