Membuat SubScriber List / Daftar Pelanggan MailChimp

236

Sebelumnya saya pernah menyarankan menggunakan Email Marketing MailChimp untuk mengirim kampanye konten blog / RSS Feed. Sekarang, pada artikel ini saya akan menjelaskan cara membuat daftar pelanggan atau yang disebut SubScriber List (List) pada MailChimp.

Silahkan masuk ke MailChimp seperti biasa kemudian pilih menu Lists pada daftar menu diatas -> klik tombol Create List maka akan muncul penjelasan tentang pembuatan List, bagaimana ingin membuat list ? Membuat berdasarkan Group atau membuat list baru dari awal. Silahkan klik tombol Create List untuk membuat dari awal.

Klik disini untuk mempelajari list management atau klik disini untuk mempelajari group.

Belum punya akun MailChimp ? Silahkan daftar disini, mau tau ulasan kenapa MailChimp menjadi email marketing terbaik ? klik disini.

Membuat List Baru Dari Awal

Akan diarahkan ke halaman Create List untuk membuat daftart pelanggan / subscriber list baru, disini terdapat banyak kolom yang perlu diisi untuk membuat list baru.

  1. List Name
    Adalah kolom untuk mengisi nama List ini, silahkan isi sesuai keperluan. Nama List ini untuk membedakan supaya tidak binging jika memiliki banyak list nantinya.
  2. Default From Email Address
    Adalah kolom email bawaan yang digunakan ketika mengirim kampanye kepada list ini. Misalnya membuat kampanye kepada list ini maka email bawaan yang digunakan adalah email yang diterapkan di kolom ini tapi kalian tetap dapat menentukan email yang akan digunakan sebagai From Email Address setiap membuat kampanye.
    Biasanya email yang digunakan disini adalah email yang tidak menerima balasan misalnya “no-reply@riobermano.com“.
  3. Default From Name
    Adalah kolom untuk nama pengirim, ketika mengirim kampanye email kepada list ini maka akan menggunakan nama pengirim yang diterapkan di kolom ini tapi kalian tetap dapat menggantinya dengan nama pengirim yang diinginkan setiap membuat kampanye.
  4. Remind people how they signup to your list
    Adalah kata pengingat kepada pelanggan yang menerima email kenapa mereka menerima kampanye email tersebut dengan menyebutkan alasannya. Misalnya “Anda menerima email ini karena telah berlangganan di situs riobermano.com“, ada 2 pilihan dalam penggunaan ini yaitu menggunakan kalimat pengingat yang telah dibuat pada List lain yang sudah ada atau membuat kalimat baru pada kolom textarea dibawahnya.
    Catatan: Jika tidak memiliki List lain maka tidak akan muncul didaftar tarik-turun “Reuse reminder from another list“.
  5. Company / Organization
    Adalah kolom untuk nama perusahaan atau organisasi, MailChimp memerlukan ini untuk memastikan kalian membuat daftar pelanggan berdasarkan syarat perusahaan atau organisasi tersebut (tidak asal-asalan seperti SPAMMER). Jika menggunakan MailChimp untuk personal cukup isi disini dengan nama Blog / Website saja.
  6. Address
    Adalah kolom untuk mengisi alamat perusahaan / organisasi diatas.
  7. City
    Diisi dengan nama kota.
  8. Zip / Postal Code
    Diisi dengan kode pos alamat diatas.
  9. Country
    Pilih negara dimana perusahaan / organisasi diatas berada, secara otomatis MailChimp akan mendeteksi berdasarkan alamat browser yang digunakan.
  10. Phone
    Adalah kolom untuk nomor telepon, bisa dikosongkan.

Itulah kolom yang tersedia di halaman Create List MailChimp saat ini, ada pilihan tambahan dibawahnya yaitu Notifications Sent To. Secara default pemberitahuan ini akan dikirimkan ke alamat email akun. Silahkan klik Edit untuk mengirim pemberitahuan ke alamat email berbeda dari email akun ini.

Apa saja yang dikirim ?

Yaitu aktifitas pada daftar list ini seperti subscriber baru / unsubscriber baru, silahkan pilih kapan ingin mendapatkan pemberitahuan ini dari 3 daftar dibawahnya: Daily Summary (ringkasan harian), One-by-one (setiap kali ada yang subscribe) dan One-by-one (setiap kali ada yang unsubscribe).

Setelah yakin dengan isi dan pengaturan di halaman ini silahkan klik tombol Save dibawah maka akan diarahkan ke halaman member list tersebut. Saat ini pasti masih kosong karena belum diisi kontak pelanggan.

Menambahkan SubScriber List / Daftar Pelanggan Pada List

Terdapat 2 metode umum yang dapat dilakukan dalam menambahkan pelanggan kedalam List yang sudah dibuat tadi yaitu:

  1. Menambahkan secara manual
  2. Biarkan pelanggan yang mendaftar (formulir langganan)

Dalam masing-masing poin diatas terdapat beberapa cara lagi didalamnya.

Menambahkan manual

Maksudnya adalah menambah kontak email pelanggan yang sudah ada atau mendaftarkan yang baru. Cara ini tidak disarankan karena cara ini yang biasa dilakukan oleh para SPAMMER dengan menambahkan email-email oranglain yang belum tentu orang tersebut ingin didaftarkan.

Kalian perlu menambahkan email, nama, atau bidang lainnya yang kalian perlukan sendiri dan memerlukan waktu untuk melakukan ini walaupun sebetulnya bisa menambahkan kontak pelanggan secara massal dengan cara import file yang berisi email pelanggan tapi tetap harus kalian lakukan sendiri.

Klik disini untuk mengetahui lebih lanjut cara menambahkan pelanggan yang sudah ada atau pelanggan baru secara manual.

Formulir Langganan

Yaitu cara yang biasa dilakukan para blogger, kalian cukup membuat formulir langganan kemudian terapkan di situs web / blog agar para pengunjung berlangganan. Ketika pengunjung berlangganan lewat formulir artinya dia berlangganan untuk List yang kalian buat ini.

Dengan begitu, pelanggan kalian akan bertambah secara alami dan tanpa paksaan karena mereka sendiri yang berlangganan / menambahkan emailnya sebagai pelanggan list ini lewat formulir tersebut.

Klik disini untuk mengetahui lebih lanjut cara membuat formulir langganan / signup form.

Begitulah cara membuat daftar pelanggan / SubScriber List di MailChimp.

Muda kan ? Kalo masih bingung, silahkan lihat video tutorialnya disini atau tinggalkan komentar dibawah.

Kesimpulan

Cara diatas bisa saja berbeda dengan kenyataannya ketika praktek, itu mungkin disebabkan pembaruan yang dilakukan oleh pihak MailChimp. Bisa saja kolom pada pembuatan list bertambah atau berkurang, itu semua tergantung pihak MailChimp tapi artikel ini telah menjelaskan semua cara sesuai dengan yang tersedia saat ini. Silahkan tinggalkan komentar jika ada perbedaan yang membingungkan.

Lihat Post Lainnya:
Komentar