Be The Best and Always Be !

Export / Render Video Di Adobe Premiere Pro

11.574

Halo para penggemar Adobe Premiere Pro, terimakasih sudah berkunjung. Disini saya akan menjelaskan bagaimana memproduksi alias mengekspor / render video yang telah kita edit menggunakan Adobe Premiere Pro. Setiap pengguna tentu ingin menghasilkan video bukan hanya mengedit saja, dan menghasilkan video ini disebut export atau render pada Adobe Premiere Pro.

Hasil video ini bisa kita tonton dengan video player di segala perangkat dan bisa juga di upload ke internet misalnya YouTube / Facebook. Kita dapat export video ke berbagai macam jenis file misalnya mp4, avi, mpeg/mpeg4 atau yang lainnya.

#1

- Advertisement -

Siapkan video yang akan di export / render, pastikan Anda sudah memeriksanya kembali sebelum melakukan render / export ditakutkan ada kesalahan dan nanti kalian harus mengulanginya lagi. Kalo videonya pendek masih mungkin di ulangi tapi kalo video dengan ukuran besar atau durasi lama maka akan lama lagi mengulangi proses export / rendernya.

#2

Di menu atas ujung kiri, klik menu “File” > “Export” > “Media” atau bisa juga dengan cara cepat yaitu tekan CTRL+M pada Windows / Command+M pada Mac. Maka akan muncul jendela popup. Sekarang, kalian dapat mengatur keseluruhan pengaturan pada video yang akan di export. Misalnya jenis file seperti .mp4 / .avi atau yang lainnya.

#3

Baca Juga:
1 dari 239

Ceklis pada kotak yang ditunjuk panah, untuk membuat render video secara maksimal atau biarkan kosong untuk merender versi standar. Harap diperhatikan, dengan menggunakan maksimum render ini maka proses akan menjadi lebih lama. Selain centang kotak itu, bisa juga setting pengaturan lainnya di atas sebelum kotak itu ada beberapa tab yang bisa di klik kemudian isi dari tab tersebut bisa di kustom sesuai keinginan dan keperluan.

#4

Kalo sudah selesai dengan settingan dan siap di produksi, klik tombol “Export” dibagian bawah. Setelah di klik akan muncul popup kecil menunjukan pemrosesan sedang berlangsung disertai perkiraan waktu selesai dan total render dalam persen (%). Tunggu sampai selesai, durasi proses render ini tergantung pada durasi video atau ukuran (termasuk animasi jika ada). Semakin berat dan lama videnya, maka prosesnya semakin lama pula bahkan berjam – jam.

#5

Setelah selesai, kita lihat hasilnya. Secara default, lokasi penyimpanan akan disimpan di “Document” > “Adobe Premiere” > “6.0” (untuk adobe premiere CS 6). Dan nama file video secara defaultnya adalah squence (jika kalian tidak merubah pada squence), misalnya squence.mp4 / squence.avi. Anda dapat merubahnya di settingan sebelum mengexport pada bagian “Output Name” tepat dibawah bagian “Comments“. Disitu Anda dapat merubah lokasi dan nama filenya sekaligus.

Kalo masih bingung, silahkan tonton video tutorialnya disini atau tinggalkan komentar dibawah.

Selesai ! Mudah kan ? Silahkan di coba dan tonton hasil video kalian.

Lihat Post Lainnya: