Apa Itu MD5

2.055

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang salah satu algoritma kriptografi yang disebut MD5, mungkin beberapa diantara kalian pernah mendengar MD5 atau bahkan menggunakannya. Mari simak penjelasan & pengertian MD5 berikut ini.

Apa Itu MD5 ?

MD5 sendiri merupakan singkatan dari Message Digest 5 yang merupakan fungsi hash kriptografi yang banyak digunakan, MD5 ini ditemukan oleh Ronald Rivest pada tahun 1991. Gagasan yang ada didalam algoritma MD5 ini sendiri adalah mengambil data acak baik tulisan atau biner sebagai input dan menghasilkan ukuran nilan hasi tetap sebagai outputnya.

Data Masukan / Data Input bisa saja berupa ukuran atau panjang tapi data outputnya dipastikan berupa ukuran yang ditetapkan, berapapun ukuran yang dimasukan akan menghasilkan ukuran tetap algoritma MD5 32 digit hex. Contoh: tulisan testkata MD5 nya adalah ed6098dc46d504208cd5674f91822d8a dan huruf a MD5 nya adalah 0cc175b9c0f1b6a831c399e269772661.

Dari penjelasan diatas, kalian pasti sudah menemukan poinnya yaitu MD5 menenkripsi tulisan menjadi digit hex. Dengan menggunakan fitur ini bisa meningkatkan keamanan file / akun / tulisan dari hacker karena apa yang mereka baca adalah kumpulan digit hex bukan string asli tulisan tersebut.

Bahkan MD5 ini juga membantu pengguna dalam proses download misalnya download file dari server, ketika mengunduh file dari server yang tidak dilindungi MD5 bisa dengan mudah terserang virus / diserang hacker ditengah jalan / file yang diunduh tersebut hilang ditengah jalan.

Itulah penjelasan sedikit tentang MD5 semoga bermanfaat, masih ada banyak hal yang bisa kalian pelajari tentang MD5 tapi saya hanya bisa membagikan segini aja sesuai yang saya ingat. Kalian bisa pelajari selengkapnya tentang MD5 dengan cara praktek membuat algortima MD5 baik di situs web maupun aplikasi.

Lihat Post Lainnya:
Komentar