Pengertian End-to-End Encryption

Untuk pengguna WhatsApp pasti sering melihat tulisan End-to-End Encryption ini terutama yang sering chatting dengan kontak baru, apa sih artinya ?

Pasti sudah tau kan apa itu Enkripsi ? Kalo gak tau, singkatnya Enkripsi itu semacam melindungi / protect. Nah, End-to-End atau biasa disingkat E2E ini merupakan implementasi enkripsi asimetris dan sesuai namanya (End to End) yang artinya melindungi data yang hanya bisa dibaca dari dua ujung saja (si pengirim dan si penerima).

Ya, WhatsApp mungkin menjadi salah satu aplikasi yang menggunakan fitur ini dan melindungi para penggunanya dari orang-orang jahat yang ingin mengetahui obrolan bahkan panggilan pengguna WhatsApp dengan cara yang tidak baik atau biasanya orang itu disebut hacker.

Sama seperti kebanyakan layanan perpesanan, setiap data yang dikirim oleh pengirim pesan akan transit terlebih dahulu di server provider kemudian dilanjutkan ke si penerima pesan tersebut. WhatsApp juga sama seperti itu tapi bedanya pesan yang dikirim tidak dapat dibaca siapapaun kecuali si pasangan dari lawan obrolan.

Makanya gak heran kalo ada kasus yang melibatkan obrolan WhatsApp agak sedikit sulit diketahui bahkan hampir tidak mungkin bisa dibaca oleh pihak ketiga atau siapapun termasuk polisi sekalipun karena sistem End-to-End ini, bahkan server WhatsApp pun tidak dapat membaca apa isi dari pesan tersebut. Gak ada cara lain, polisi harus meminta obrolan kepada 2 ujung (pengirim & penerima).

Nah, jadi gimana ? Udah makin tau kan ? Semoga bisa bermanfaat, siapa tau salah satu diantara kalian nanti menjadi pencipta aplikasi obrolan End-to-End berikutnya. Postingan ini dipublikasikan hanya untuk berbagi informasi saja, banyak orang yang pengen tau…

2017-09-12T10:53:02+00:00